Lidar GIS

Lidar GIS

Minggu, 02 Juni 2013

Pentingnya Unsur Spasial dalam Mengelola Beragam Permasalahan

 Pentingnya Unsur Spasial dalam Mengelola Beragam Permasalahan




Analisa spasial  (source : spatial.ly)



Berbagai kejadian yang menimpa bangsa kita baik yang lebih bersifat alamiah seperti gempa bumi, bencana tsunami, maupun yang lebih banyak disebabkan ulah manusia seperti tanah longsor, banjir, kemacetan lalu lintas, kesemrawutan pemanfaatan lahan, permukiman kumuh maupun pencemaran alam tentunya perlu menjadi pertimbangan dalam perencanaan pembangunan agar tercapainya sinergi ketiga sumber daya pembangunan tersebut. Sebagai ilustrasi sederhana kurangnya sinergi dari ketiga sumber daya pembangunan adalah terjadinya erosi dan banjir serta kekeringan sebagai implikasi pembangunan yang kurang memperhatikan aspek pendukung kelestarian sumber daya air seperti penebangan hutan yang tidak terkendali terutama di hulu sungai maupun pemanfaatan kawasan lindung seperti bantaran sungai yang tidak sesuai peruntukannya dan daerah aliran sungai. Tantangan untuk mengelola sumber daya air dengan optimal menjadi sangat signifikan mengingat tidak meratanya curah hujan baik secara waktu dimana sekitar 80 persen curah hujan terjadi di musim hujan, maupun secara spasial seperti mulai dari Jawa Barat menuju ke timur sampai NTT curah hujannya semakin rendah.
 
Evaluasi Bencana Nasional  (source : rucoolmarine.rutgers.edu)
Dalam hal lain, seperti gempa bumi dan tsunami, dengan mengetahui jalur patahan pelat bumi yang rawan bencana, maka perencanaan pembangunan dapat diupayakan mengantisipasi tingkat risiko gempa yang dapat diakomodir dalam penetapan pengaturan bangunan didaerah rawan gempa dan perencanaan letak kegiatan agar risiko gempa dan juga tsunami dapat dimitigasi semaksimal mungkin. Sebagai ilustrasi koridor ekonomi utama di Jawa Utara maupun Sumatra bagian Timur yang memiliki sumber daya buatan berupa Infrastruktur lebih dari 80 persen dari yang ada telah memberikan pula gambaran perkembangan intensitas pembangunan yang lebih menjauh dari jalur patahan tektonik pelat bumi di selatan Pulau Jawa maupun di Barat Pulau Sumatra. Berbagai informasi spasial ini sangat diperlukan berbagai sektor misalnya untuk memberikan pelayanan yang secara keseimbangan antar wilayah tetap perlu minimal memadai di daerah sekitar jalur patahan tektonik tersebut antara lain melalui upaya mitigasi.
 
Pentingnya unsur spasial dalam pembangunan juga telah menjadi sorotan utama para ekonom besar seperti Thunen diawal abad ke-19 yang mempelajari evolusi pengembangan wilayah menunjukkan interaksi erat kegiatan ekonomi dengan pemanfaatan ruang, serta Alfred Weber diawal abad ke-20 yang mempelajari efisiensi proses industri menunjukkan hal tersebut sangat ditentukan oleh pemilihan lokasi industri yang tepat dengan mempertimbangkan lokasi pasar dan bahan baku.
 
Board on Earth Science ( source : dels.nas.edu)
Berbagai tantangan tersebut menjadi bukti nyata pentingnya merencanakan pembangunan melalui perspektif yang lebih luas dan tidak sekedar administratif parsial atau sektoral saja. Untuk itu pendekatan ruang atau spasial memegang peranan yang vital dalam melengkapi maupun sebagai basis dari pendekatan administratif parsial maupun sektoral dalam perencanaan pembangunan yang tentunya harus disertai peningkatan pengendalian dalam pemanfaatan ruangnya. Dengan demikian terlihat pentingnya penataan ruang menjadi payung dari pengembangan daerah maupun sektoral.